4 Tips dan Trik sebelum Mengikuti Tes Content Writer ~ Bersyukur dan Berbahagia

About Me

About Me


Penikmat sastra dan staff pengajar fisika
di salah lembaga bimbingan belajar di Padang.
Bergiat di Forum Lingkar Pena Sumatera Barat.
Hobby melakukan apapun asal menyenangkan.

FLP

FLP
Logo FLP

Wednesday, October 5, 2016

4 Tips dan Trik sebelum Mengikuti Tes Content Writer


Ada yang melamar kerja dengan posisi Content Writer?  Bingung harus mempersiapkan apa dulu sebelum melakukan tes tulisnya. Nah, Karena saya telah mengikuti tes kerja dengan posisi Content Writer di salah satu travel agent, saya ingin sedikit berbagi tips dan trik sebelum mengikuti tes tersebut.

Persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang memuskan. Mungkin hanya sedikit pengalaman yang bisa dibagi. Saya berharap, semoga ini dapat sedikit membantu.

1. Pelajari dulu copywriting
Saat diperjalanan mau pergi tes, tepatnya di dalam angkot, saya membaca lagi info lowongan kerja tersebut. Ternyata dalam syaratnya terdapat salah satu kalimat yang berhasil membuat tangan saya mengusap-usap mata. Memastikan apakah mata saya tidak salah lihat. Dan apa yang terjadi? Ternyata mata saya memang tak salah lihat. Di sana tertulis harus menguasai copywriting. Dan dengan bantuan mbah Google, saya segera mengetikkan copywriting di halaman depan Google, demi mengenalinya lebih dalam.


Ternyata copywriting itu sebuah teknik loh. Teknik yang membuat pembaca melakukan respon yang penulis inginkan. Orangnya disebut copywriter. Tugas copywriter membuat tulisan yang mampu membuat pembaca tertarik dan akhirnya membeli atau menggunakan jasa yang kita tawarkan.
a.    Paragraf pertama menjelaskan tentang produk atau jasa
b.    Paragraf selanjutnya menjelaskan keuntugan dan detail produk atau jasa
c.    Paragraf terakhir tentang info bagaimana membeli produk atau jasa tersebut

Kenapa saya sarankan mempelajari copywriting? Karena seorang content writing harus bisa membuat tulisan menggunakan teknik copywriting.

2   2. Pelajari produk atau jasa yang ada di perusahaan tersebut
Nah, ini yang paling penting. Kita harus mengetahui produk atau jasa apa yang ada di perusahaan tersebut. Karena mau tak mau, jika disuruh buat sebuah konten, pasti mereka menyuruhnya membuat tentang produk atau jasa mereka.

3    3. Belajar buat artikel
Tak masalah belum pernah nulis artikel. Intinya tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika kita mau belajar. Saran saya, setiknya belajar dulu buat artikel. Soal benar atau tidaknya artikel yang dibuat, serahkan saja pada Yang Maha Benar J

     4. Siapkan laptop dengan full baterai
Biasanya saat tes tulis kita akan disuruh bawa laptop. Nah, saran saya, siapkan laptop dengan full baterai. Karena pengalaman mengerikan saya, laptop saya mati saat bikin artikel. Bukan masalah artikelnya hilang, artikelnya memang tidak hilang. Tapi waktu 16 menit yang telah dikasih, terpakai buat menghidupkan laptop kembali sambil menunggu proses hidupnya yang lumayan lama.

Sekian dulu tips dan trik yang bisa saya bagikan buat anda yang mau mengikuti tes content writer. Tulisan ini masih jauh dari kata sempurna. Jika ada tambahan dan pertanyaan boleh diajukan di kolom komentar....

0 comments:

Post a Comment